Tips Mudah Menghemat Paket Internet di Android

Oke Teknologi - Anda pemilik ponsel smartphone dan sering browsing di dunia maya? saya rasa anda harus membaca artikel Tips Mudah Menghemat Paket Internet di Android .Apakah anda pernah mengalami kehabisan quota paket data internet ketika sedang browsing? Jika hal itu terjadi, tentu sangat menyebalkan bukan? Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya anda membaca tips berikut untuk menghemat quota internet terutama di smartphone Android. Berikut tips yang mungkin bisa anda lakukan.

Tips Mudah Untuk Menghemat Paket Data di Android

Tips Mudah Menghemat Paket Internet di Android :

1.Matikan koneksi internet saat sedang tidak digunakan

Cara paling praktis adalah dengan mematikan paket data internet melalui widget tombol switch koneksi paket data. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai atau kadang-kadang sudah jadi widget bawaan pada launcher tertentu. Agar menghemat penggunaan kuota ada baiknya kamu mematikan koneksi internet saat sedang tidak digunakan. Dengan mematikan internet selama jam tidur, maka kamu akan menghemat bandwidth.

2.Matikan auto-sync yang tak perlu

Selain itu, nonaktifkan juga auto-sync yang tidak diperlukan. Terdapat banyak opsi untuk auto-sync dan biasanya akun Google sendiri pun mempunyai beragam layanan. Sebaiknya pilih yang penting saja, seperti Contacts, Gmail, dan Calendar.

3.Matikan auto-update Google Play Store

Matikan juga auto-update Google Play Store. Setiap kamu mengunduh aplikasi, selalu ditawarkan untuk mendapat auto-update. Secara default pilihan auto-update ini memang tercentang. Sebaiknya atur supaya Google Play Store hanya melakukan auto-update saat menggunakan koneksi WiFi saja.

4.Bijaklah dalam membuka foto dan video berkapasitas besar

Melihat konten foto dan video baik melalui browser atau aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan lnstagram membutuhkan kuota paket data yang cukup besar, upayakan agar tidak terlampau sering membuka konten foto atau gambar dan video. Apabila ingin melihat atau menonton video streaming dari YouTube misalnya, lebih baik cari sumber akses WiFi sehingga kuotamu tidak cepat habis.

5.Gunakan aplikasi pendukung

Ada banyak aplikasi pendukung untuk menghemat kuota paket data, salah satu contohnya adalah Juice Defender yang memiliki fitur otomatis mematikan koneksi paket data ketika layar terkunci. Adapula DroidWall atau 3gwatchdog sebagai alternatif lainnya.

6.Atur batas penggunaan paket data

Pada Android versi 4.0 ke atas sudah dilengkapi fitur untuk memonitor paket data sekaligus membatasi penggunaannya. Masuklah pada menu Setting, kemudian pilih Data Usage. Aturlah pengingatnya sesuai dengan kuota paket internet, misalnya kamu punya kuota 1 GB, maka pasang pengingat pada level 500 MB lebih dulu, lalu setelah mendapatkan peringatan naikkan lagi jadi 800 MB.
Untuk kamu yang belum menggunakan Android versi 4.0 ke atas, silakan gunakan aplikasi tambahan seperti Traffic Monitor dan Data Lock.

7.Sebaiknya tidak mengunduh file berukuran besar lewat ponsel.

File yang berukuran besar seperti film/aplikasi/permainan memerlukan kuota yang besar untuk mengunduhnya. Akibatnya, tentu saja kuota akan cepat habis, selain itu baterai ponsel juga akan terkuras. Untuk mengunduh file berukuran besar (lebih dari 20 MB) alangkah baiknya jika kamu menggunakan WiFi atau unduh dari komputer terlebih dahulu baru dipindahkan ke ponsel.

8.Gunakan Browser dengan tingkat kompresi data yang bagus.

Saat melakukan browsing, gunakan browser yang memang dapat menghemat kuota. Hindari melakukan aktivitas streaming video secara berlebihan, pasalnya data yang ditransfer ketika melakukan streaming cukup besar. Lagipula, video hasil streaming tersebut tidak tersimpan di memori ponsel. Alternatif lain untuk menonton video kesayangan kamu, unduhlah terlebih dahulu video tersebut dalam format 3GP atau MP4 sehingga bisa dilihat sewaktu-waktu.

9.Buang widget cuaca dari home screen Android kamu.

Hampir semua perangkat Android akan menyertakan widget cuaca pada home screen-nya. Widget tersebut akan membutuhkan akses data untuk koneksi ke internet supaya bisa memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, namun ini perlu dilakukan untuk meminimalkan penggunaan internetmu.

Nah, bagaimana setelah anda membaca Tips Mudah Menghemat Paket Internet di Android ? coba lakukan tips-tips tersebut semoga dapat membantu anda untuk lebih menghemat paket data di smartphone android anda. share artikel Tips Mudah Menghemat Paket Internet di Android ini jika menurut anda bermanfaat.

Baca artikel lainnya :