Macam – Macam Processor Smartphone dan Deskripsinya

Oto Teknologi - Processor atau yang sering disebut dengan CPU (Central Processor Unit ) selalu menjadi bagian penting bahkan sangat penting di setiap device, Karena dia adalah pusat / otak dari segala kinerja yang teroperasikan pada device tersebut. Tidak hanya pada PC, processor / CPU ini juga terdapat pada Smartphone. Begitu banyak jenis Smartphone yang telah beredar di pasaran secara global dan itu membuat banyaknya pula macam – macam processor yang dihadirkan. Seringkali itu juga membuat bingung para konsumen yang akan membeli Smartphone, apakah processor pada Smartphone pilihannya sudah dapat memberikan kinerja yang diharapkan atau belum, karena pasalnya jika membeli Smartphone adalah yang sesuai dengan kebutuhan sedang anda perlukan.



Pada kesempatan kali saya akan sedikit memberikan sedikit gambaran – gambaran tentang Processor / CPU yang ada pada Smartphone, dikhususkan untuk yang bersistem operasi Android.

Macam – Macam Processor Smartphone


1.Exynos

Exynos
Exynos

Processor Exynos ini dikembangkan dibawah naungan perusahaan Samsung Electronics. Processor ini dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) yang memang dikhususkan untuk perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet. Processor Exynos ini banyak dipasarkan dengan berbagai jenis yang memiliki beda spesifikasi. Misalnya pada keluaran pertamanya, pihak Samsung Electronics mengeluarkan Exynos 3110 atau hummingbird. Pernah denger nggak processor dengan jenis itu ? processor jenis ini memang jarang dijumpai pada perangkat – perangkat cerdas jaman sekarang karena sudah digantikan dengan processor – processor keluaran terbaru. Kelebihan processor ini adalah dibidang game dan kinerja multitaskingnya.

2.Tegra

Tegra
Tegra
Processor yang kedua ini yakni Tegra. Processor ini dikeluarkan oleh pihak NVIDIA. Processor product nvidia ini dikabarkan memang sangat berkembang dikarenakan teknologinya yang lebih dulu menggunakan teknologi quad-core dimana pada saat yang hampir bersamaan , produsen lain masih gencar dengan teknologi dual-core. Processor tegra ini adalah NVIDIA Tegra 3 dimana memiliki keunggulan didalam visualisasi yang apik dengan konsumsi daya yang tidak besar. NVIDIA biasanya memang digunakan pada PC yang memang digunakan untuk game, jadi mungkin itu juga tidak jauh dari kinerja NVIDIA tegra untuk Smartphone ini.


3.OMAP

OMAP
OMAP

Processor OMAP ini adalah hasil kerja Texas Instrument. Processor jenis ini sering digunakan karena kelebihannya yang dapat memberikan serta memproses tampilan situs internet layaknya anda browsing website pada komputer, processor ini juga memberikan antarmuka yang lebih cepat, dengan OMAP ini Smartphone dapat menunjang kamera primer dan sekunder secara lebih kuat juga mampu menampilkan video Full HD dengan kualitas yang bagus.

4.Snapdragon

Snapdragon
Snapdragon

Processor jenis ini sering kali tampil pada dapur pacu Smartphone pada saat ini, mungkin anda juga sering menjumpainya tetapi belum mengetahui lebih detail tentangnya. Banyak kabar yang menyebutkan bahwa processor Qualcomm ini memliki kinerja yang bagus dibanding dengan yang lain, karena dapat terlihat pada saat ini banyak sekali Smartphone yang menggunakan CPU jenis ini. Mungkin processor ini dapat memberikan kinerja yang baik untuk device serta memiliki beberapa teknologi yang dapat memberikan banyak efek positif pada Smartphone atau Tablet.

5.MediaTek

MediaTek
Mediatek

Processor jenis ini adalah hasil produksi dari perusahaan MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK yakni perusahaan yang menjual komponen untuk perangkat komunikasi nirkabel. Alasan mengapa CPU jenis ini banyak digunakan, karena disamping harga nya yang relative murah, processor MediaTek ini memiliki kemampuan kerja yang tidak diragukan lagi dibanding yang lain.

Nah itulah Macam - Macam Processor Smartphone Dan Deskripsinya. share artikel ini ya jika menurut anda dapat bermanfaat bagi teman atau saudara anda. sekain artikel Macam – Macam Processor Smartphone ini.

Baca artikel lainnya :