Smartphone Android Pertama Nokia

Normandy, Smartphone Android Pertama Nokia

Oto Teknologi - Apa yang anda tahu tentang Nokia? Pasti yang anda tahu adalah sebuah perusahaan telepon selular raksasa asal Finlandia yang menggunakan Windows Phone sebagai sistem operasinya.

Ya, Nokia memang terkenal dengan sistem operasi Windows Phone nya. Sistem operasi Windows Phone adalah OS yang di kembangkan oleh salah satu perusahaan raksasa Microsoft yang baru saja mengakusisi Nokia. Oleh sebab itu, seluruh smartphone Nokia saat ini (khususnya seri Lumia) menggunakan OS milik Microsoft tersebut.

Sebelumnya, Nokia menggunakan OS yang pernah merajai pasar handphone dunia pada saat itu, yaitu Symbian. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembang pesatnya Android, dominasi Nokia denga Symbian OS nya mulai tergusur.

Sebelum menggunakan Windows Phone sebagai OS nya, Nokia juga pernah dikabarkan akan menggunakan OS yang di kembangkannya pada saat itu, yaitu MeeGo.

MeeGo adalah sebuah sistem operasi open source yang berbasis Linux dan ditargetkan untuk pasar genggam(mobile), biarpun penggunaannya bisa digunakan juga untuk alat elektronik yang lebih besar seperti netbook, tablet, laptop, smartTV, dan lainnya.

MeeGo merupakan proyek kerjasama antara Intel dan Nokia dan pertama kali diperkenalkan melalui pameran Mobile World Congress pada bulan Februari 2010. Ide awal dari pembuatan sistem operasi ini adalah dengan menggabungkan sistem operasi terdahulu dari perusahaan Intel yaitu Moblin dan Maemo dari Nokia menjadi suatu sistem operasi baru yang lebih umum.

Pada bulan februari 2011, Nokia mengumumkan kerjasama dengan Microsoft, dan sejak itu pengembangan sistem operasi MeeGo mulai ditinggalkan karena Nokia memilih untuk lebih fokus terhadap sistem operasi besutan Microsoft, yaitu Windows Phone 7.

Dengan Windows Phone, Nokia memberi nama smartphone mereka dengan nama Lumia. Dengan Lumia, Nokia mampu mengimbangi persaingan antara iOS, Android, dan BlackBerry yang pada saat itu sedang sangat di gandrungi oleh para pecinta gadget, terutama oleh para remaja.

Tampilan menu yang apik dengan desain menawan membuat tampilan smartphone Nokia menjadi semakin elegan dan unik. Dari situ lah Nokia kembali di lirik oleh pembeli kembali.

Namun, beberapa hari terakhir terdengar kabar bahwa Nokia telah membuat sebuah smartphone dengan Android sebagai sistem operasinya. Bahkan, gambar-gambar screenshoot dari penampakan gadget tersebut sudah banyak beredar di dunia maya.

Normandy, itulah nama dari smartphone Android dari Nokia. Kabarnya, Nokia menggunakan Android versi KitKat. Namun belum di ketahui kapan smartphone Android Nokia itu akan di rilis.

Oleh karena itu, mari kita tunggu saja kehadiran smartphone Android pertama Nokia tersebut.

Nah itulah artikel mengenai Smartphone Android Pertama Nokia. nah share artikel ini ya kawan agar dapat bermanfaat bagi orang lain.

Baca artikel lainnya :