Tutorial Android Studio : Aplikasi Pemesanan Minuman Dengan Retrofit Client

Oto Teknologi -  Persaingan bisnis kuliner terutama di bidang minuman semakin meningkat setiap tahunnya, oleh karena itu pihak perusahaan harus mencari strategi baru untuk mendongkrak jumlah pengunjung. Perkembangan teknologi semakin memudahkan bagi para pengguna dalam menjalankan segala tugas ataupun segala kebutuhan yang hendaknya dapat diterapkan dalam proses pemesanan minuman. Adapun teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang adalah android. Android digunakan sebagai client dimana pengunjung memesan menu melalui smartphone Android, yang terkoneksi langsung dengan bagian admin toko yang dituju, untuk memproses pesanan tersebut. Pada admin toko tersebut menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem clint-server ini menggunakan metode Centralized DBMS Architecture sehingga penyimpanan datanya terpusat hanya dalam satu database untuk ke semua sistem admin dan pelanggan Sehingga pengolahan data dari sistem menjadi fleksibel, terutama saat ada penambahan atau perubahan menu makanan atau minuman yang ada.

Kali ini saya akan membagikan sebuah Tutorial Android Studio Aplikasi Pemesanan Minuman dengan menggunakan Retrofit Client dan Xampp sebagai servernya.

Desain Interface
a. Tampilan Awal
Tampilan awal ketika pengguna membuka aplikasi ini adalah terdapat button yang artinya lanjut yang nantinya bisa menuju kehalaman selanjutnya. Untuk pendaftaran pelanggan.
b. Tampilan Pilihan Menu
Dalam tampilan pilihan menu ini akan menampilkan menu nama minuman.
c. Tampilan Dialog Pemesanan
Dalam tampilan pilihan menu ini akan menampilkan dialog yang berisi ukuran yang akan dipilih, jumlah yan dipesan.
d. Tampilan Cart
Pada tampilan ini akan menampilkan daftar minuman yang akan dipesan.
e. Tampilan Submit Order
Pada tampilan ini user akan melakukan pemesanan dan akan masuk ke dalam database.

Gambaran Aplikasinya seperti berikut :

1. Tampilan Awal


2. Verifikasi nomor HP. Menggunakan Facebook account kit



3. Tampilan Home

4. Tampilan Menu 


5. Tampilan Pop Up Pemesanan







Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan. Untuk bagian backend masih dalam pengembangan. Jika ingin menambahkan backend untuk aplikasi ini bisa melihat tutorial mulai part 25 di link berikut : Pemesanan Minuman Dengan Retrofit Client Android Studio.

Jika butuh source code aplikasi diatas silakan masukkan email kalian di kolom komentar. Sekian artikel tentang Tutorial Android Studio : Aplikasi Pemesanan Minuman Dengan Retrofit Client. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk tugas akhir kalian.

Reaksi kamu setelah baca artikel ini?