Cara Mudah Mengatasi Handphone Android yang sering Lemot, Hang Dan Lag Yang membuat kita stress

tentu kalian pernah merasakan ponsel android kalian lemot, hang, lag dll . keadaan seperti ini tentu membuat anda sangat jengkel ketika anda sedang bermain game maupun browsug. berikut ini adalah sebuah tips dan trik untuk anda mengatasi ponsel android yang hang lemot dll.


Tips Dan Trik mengatasi android yang lag

  • Android merupakan smartphone yang sering kita gunakan untuk multitasking atau disebut juga dengan menjalankan aplikasi secara bersamaan. namun banyak smartphone memiliki spesifikasi yang rendah sehingga mengakibatkan smartphone ini hang dan lemot. usahakan untuk meminimalis penggunaan aplikasi secara bersamaan.


  • update sistem operasi anda. dengan mengupdate sistem operasi yang akan memberikan kinerja yang baik dari sistem operasi yang sbelumnya. jadi jangan ragu untuk menguupdate android anda. namun perhatikan dulu spesifikasinya sebelum anda mengupdate android anda.


  • Gunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi ponsel android anda. jangan mudah tergoda untuk menginstal aplikasi yang keren namun spesifikasinya melebihi kemampuan ponsel anda. ini justru membuat lemot dan hang ponsel anda.


  • hapus Cache pada memori internal anda. ini merupakan salah satu cara paling mudah dilakukan sehingga kinerja ponsel anda tentu akan lebih cepat. saran saya gunakan aplikasi CC Cleaner untuk android.


  • Instal aplikasi anda di memori eksternal. cara ini juga dapat mengurangi hang pada ponsel anda.


  • Matikan Auto Rotate, jika fitur ini dirasa tidak perlu lebih baik dimatikan karena berguna juga untuk mencegah lag pada smartphone Anda.


  • Matikan fitur AutoBrightness, walaupun dengan menggunakan fitur ini menghemat daya, namun konsumsi memory juga tidak sedikit, jadi lebih baik dimatikan saja.


  • Pasang widget yang memang diperlukan saja, menggunakan banyak widget otomatis menguras kapasitas memory, ini juga membuat ponsel Anda menjadi lemot/hang.


  • Matikan Auto Update, seperti halnya Auto Rotate dan AutoBrightness, jika fitur ini tidak Anda perlukan alangkah baiknya untuk dimatikan juga.


  • Gunakan Factory Reset. Ini merupakan cara terakhir yang dapat Anda lakukan, jika anda rasa smartphone Anda masih dalam kondisi lemot/hang. Namun, sebelum melakukan factory reset jangan lupa untuk melakukan backup data, untuk mencegah hilangnya data-data penting Anda.
Nah itukah sekian tips mengenai Cara Mudah Mengatasi Handphone Android yang sering Lemot, Hang Dan Lag Yang membuat kita stress. Semoga cara diatas dapat mengurangi masalah hang pada android anda.

Baca Artikel Terkait :