Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Pada Hp Android Dengan Mudah

Oto Teknolgi - Sinyal merupakan hal yang wajib agar smartphone android kamu tetap terkoneksi ke jaringan sehingga kamu dapat lebih mudah untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Bayangkan saja jika kamu memiliki smartphone yang sebagus apapun tapi jika sinyal operator kamu "loyo" maka percuma saja kamu memiliki smartphone tersebut. Nah, untuk itu kali ini Droidnesia akan berbagi tips untuk meningkatkan kekuatan sinyal untuk ponsel Android.

Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal di Android

Cara Meningkatkan Sinyal Ponsel Android

Ponsel Android kini sudah banyak yang memakai teknologi LTE, teknologi jaringan tercepat setelah HSPA. Namun, banyak kendala seiring perubahan teknologi yang ada. Misalnya, mengalami gangguan terhadap jaringan, seperti hilang jaringan sinyal pada waktu berpindah tempat, hilang sinyal pada saat ponsel berada di ruang yang tertutup, hilang sinyal dengan sendirinya, atau hilang sinyal setelah ganti kartu provider. Maka itu, akan diberikan bahasan mengenai cara memperkuat sinyal ponsel Android ini.

Tapi sebelum Anda melakukan cara-cara yang rumit, cobalah untuk mengingat bagaimana jaringan sinyal Anda bisa hilang. Jika karena ponsel terjatuh, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu ke tempat servis. Jika hilang sinyal karena selain ponsel terjatuh, seperti tiba-tiba menghilang begitu saja saat Anda sedang memakai layanan internet atau sesudah menelepon seseorang atau berada di luar daerah maka bisa Anda ikuti cara memperkuat sinyal ponsel di bawah ini.

Memastikan Jaringan Operator

Langkah-langkah awal yang harus Anda lakukan untuk melakukan cara memerkuat sinyal ponsel Android Anda dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Wireless & Networks, kemudian Anda bisa pilih pilihan Mobile Networks lalu tap pilihan Networks Operators.

Di sini kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang kenapa sinyal pada perangkat ponsel Android kita bisa hilang dengan cara mencari jaringan operator karena bisa jadi sinyal hilang karena jaringan operator kita sedang tidak tersedia atau belum ada di daerah kita berada sekarang.

Sebagai contoh, kita memakai operator "X" misalkan, dan setelah kita cari di dalam Network Operators, yang keluar atau tampil justru operator "Y" dan "Z". Apabila seperti itu adanya, solusinya adalah kita perlu keluar ruangan gedung atau keluar dari dalam rumah untuk mencari sinyal.

Apabila belum mendapatkan hasil, kita memakai cara memperkuat sinyal ponsel Android kita dengan cara pergi ke pusat kota. Maka sinyal pada ponsel Android Anda akan full atau kuat seperti semula.

Ubah pengaturan pilihan jaringan

Sebenarnya pengaturan jaringan pada Android tidak ada di menu Android secara langsung, namun Anda bisa membuat pengaturan jaringan dengan mengetik *#*#4636#*#* pada home screen Android Anda. Dalam menu ini terdapat beberapa pilihan berisi informasi telepon, informasi baterai, history baterai, statistic pemakaian, dan juga informasi WiFi. Masuk ke informasi telepon kemudian scroll sampai bawah. Nanti, di sana akan tertera “Atur Jenis Jaringan yang Dipilih”. Anda bisa memilih jenis jaringan di menu ini. Untuk menstabilkan sinyal 3G pada jaringan Android, pilih saja WCDMA Only. Jika sinyal 3G/WCDMA tidak tersedia di daerah Anda, silahkan pilih jaringan 2G/EDGE.

Refresh jaringan Android Anda

Anda bisa melakukan refresh sinyal Android dengan mematikan jaringan lalu menyalakannya kembali. Caranya tahan tombol power samapi muncul menu pilihan. Pilih jaringan mode pesawat/Airplane Mode. Setelah muncul logo pesawat di menu atas lalu masuk kembali ke mode normal dengan mematikan mode pesawat tersebut. Proses ini akan mematikan sinyal radio lalu menyalakannya lagi, dengan demikian perangkat Android Anda akan me-refresh dan mencari jaringan internet yang lebih baik dan meningkatkan sinyal 3G android Anda.

Memastikan Mode Jaringan

Langkah-langkah awal yang harus dilakukan untuk memperkuat sinyal ponsel Android Anda adalah dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Wireless & Networks, kemudian Anda bisa pilih Mobile Networks dan tap pilihan Networks Mode.

Bila sudah melakukan cara memerkuat sinyal ponsel dalam tahap memastikan mode jaringan di atas, cek atau lihat apakah mode jaringan pada ponsel Android kita tengah berada di dalam mode WCDMA Only, GSM Only, atau WCDMA Preferred.

Perlu Anda ketahui bahwa mode jaringan WCDMA merupakan jaringan HSDPA. Jadi apabila jaringan pada ponsel Android tengah berada di dalam mode WCDMA Only, ponsel Android hanya akan menerima jaringan WCDMA (HSDPA) dan jaringan GSM tidak akan ikut. Dalam artian kata, bila daerah sekitar kita tidak ada jaringan HSDPA maka sinyal bar pada ponsel Android kita akan terisi kosong sampai jaringan HSDPA tersedia. Sedangkan mode jaringan GSM Only sama saja seperti WCDMA Only. Perbedaannya, jaringan dalam mode GSM Only hanya menerima jaringan GSM saja.

Sebagai catatan penting bahwa cara memperkuat sinyal ponsel Android di atas, hanya bisa dilakukan pada ponsel Android bertipe Android OS Gingerbread. Untuk ponsel dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean secara defaultnya dalam jaringan mode WCDMA Preferred (diprioritaskan mode WCDMA). Dan jika hal ini terjadi di ponsel Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean Anda, Anda bisa langsung masuk ke menu dialer lalu ketik *#*#4636#*#* kemudian pilih Phone Information.

Kira-kira hanya sampai disini dulu tentang Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Pada Hp Android Dengan Mudah, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu.jangan lupa share artikel ini ya .

Baca Artikel lainnya :

Reaksi kamu setelah baca artikel ini?