5 Konsep Teknologi Transportasi Masa Depan Yang Akan Segera Hadir

Oto Teknologi - sistem dan sarana transportasi merupakah bagian paling penting dalam kehidupan manusia. Transportasi handal merupakan dasar dari peradaban modern dan tanpanya segala jenis kegiatan serta aktivitas akan terbengkalai. oleh karena itu ,para inventor tak pernah berhenti menginovasi teknologi transportasi agar semakin cepat ,aman dan efisien.

Kita saat ini telah menjadi saksi perkembangan transportasi tersebut . saat ini mobil tanpa supir tidak lagi menjadi konsep yang mengherankan. Lalu ‘kereta peluru’ memungkinkan manusia melesat di kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam dengan nyaman – sebuah hal yang mungkin sulit dipahami oleh para pendahulu kita.

Walau begitu, kita sudah memimpikan seperti apa transportasi di masa depan semenjak ratusan tahun silam, jauh sebelum manusia menembus rekor kecepatan suara, ataupun mendarat di Bulan. Tak aneh jika apa yang dahulu kita bayangkan sebagai hal luar biasa nyatanya bisa hadir dalam waktu dekat. kali ini artikel 5 Konsep Teknologi Transportasi Masa Depan Yang Akan Segera Hadir akan membahasnya.

Futuristic Transportation Concept


1. Kebangkitan selanjutnya transportasi supersonic

Transportasi supersonic (atau SST) ialah pesawat terbang penumpang yang mampu melesat lebih cepat dari kecepatan suara. Hingga kini, hanya ada dua tipe pesawat yang pernah diperkenalkan: Concorde dan Tupolev Tu-144. Keduanya telah dimuseumkan, dan penerbangan komersial terakhir Concorde dilakukan lebih dari 10 tahun lalu.

Walaupun kecepatan supersonic sangat mengagumkan, pesawat SST memiliki banyak masalah. Dengan melewati batas suara, produsen harus menciptakan struktur yang jauh lebih kuat demi menghadapi gaya gesek dan temperatur tinggi. Ia juga membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Dan semuanya membuat biaya penerbangan menjadi sangat mahal dan kurang populer di mata konsumen.

Saat ini, Boeing dan Lockheed Martin berupaya menghidupkan kembali transportasi supersonic. Lockheed Martin telah memperkenalkan konsep pesawat N Plus, ia diharapkan menghadirkan solusi biaya terjangkau, dan juga jawaban masalah polusi suara dan sonic boom – ‘ledakan’ akibat sebuah objek melesat melewati batasan suara.

Futuristic Transportation Concept

2. Mobil terbang

Pengembangan mobil tanpa pengemudi telah berlangsung cukup lama. Dan belakangan ini, tim Google X sendiri sudah memperkenalkannya ke beberapa orang tester. Konsep self-driving car menawarkan kemudahan dan kenyamanan, tanpa membebani pengemudi dengan stres. Tapi ia masih belum bisa menjawab masalah kemacetan yang kian parah.

Terrafugia, sebuah perusahaan asal Massachusetts mengklaim bahwa mereka semakin dekat dalam menciptakan dan memproduksi The Transittion – mobil yang mampu berubah menjadi pesawat terbang. The Transition ialah kendaraan dua penumpang, melesat di kecepatan 160 km per jam dan dapat menempuh jarak 660 kilometer tanpa kesulitan.

Futuristic Transportation Concept

3. Hybrid pesawat dan balon udara

Balon udara sudah diperkenalkan semenjak ratusan tahun lalu dan merupakan teknologi penerbangan tertua dan tersukses. Seorang bangsawan Jerman, Ferdinand von Zeppelin, menyempurnakan ide tersebut dengan rancangan rigid airship bernama Zeppelin. Kelahirannya di awal abad ke-20 cukup sukses, tapi setelah digunakan sebagai alat perang dan propaganda, ditambah lagi bencara Hidenburg di tahun 1937, Zeppelin akhirnya ditiadakan.

Tapi ide hybrid antara pesawat dan balon udara tidak mati begitu saja. Beberapa tahun lalu, Lockheed Martin mengenalkan dan menguji dengan sukses pesawat eksperimental P-791. Pesawat hybrid memiliki banyak keunggulan, antara lain biaya operasi dan produksi lebih ekonomis, tidak memakan banyak tempat saat take-off dan mendarat, serta yang terpenting: bisa digunakan untuk berbagai fungsi dan kebutuhan.

Futuristic Transportation Concept

2. Jet pack

Perancangan dan pengembangan jet pack telah dimulai di tahun 60-an. Yang membuat orang sangat tertarik adalah ide mengenakan baju jet seperti dalam berbagai film dan karya fiksi ilmiah. Terlepas dari berbagai model yang sudah diperkenalkan, jet pack sangat jarang dijual secara luas karena berbagai alasan keamanan dan izin.

Tapi perlahan-lahan, inventor berhasil menemukan solusi aman. Perusahaan Rocketman asal Dallas memanfaatkan tekanan air untuk menerbangkan pengguna. Kemudian Go Fast Jet Pack menggunakan campuran hidrogen peroksida dan nitrogen sebagai sumber bahan bakar. Dan jika tertarik untuk mempunyai jet pack Anda sendiri, silakan pesan Rocket Belt buatan Tecnologia Aeroespacial Mexicana – satu-satunya perusahaan pencipta jet pack komersil.

Futuristic Transportation Concept

1. Elevator ruang angkasa

Saat ini, hanya Virgin Galactic yang menawarkan jasa untuk berlibur ke luar angkasa. Peminatnya masih terbatas, dan harga satu tiketnya pun tidak murah, yaitu US$ 250.000. Lalu para pemesan tiket harus melakukan berbagai pelatihan bersama para ahli penerbangan dan astronot sebelum akhirnya mendapatkan izin.

Namun ide transportasi ke ruang angkasa berbiaya murah sebenarnya telah diajukan NASA sekitar 14 tahun lalu dalam bentuk lift atau elevator raksasa. Konsepnya sederhana: sebuah stasiun angkasa dihubungkan dengan kabel besar ke bumi. Kabel tersebut digunakan untuk mengirimkan air, makanan, oksigen dan barang-barang penting lain. Ia juga dapat dimanfaatkan sebagai medium transportasi – tinggal menggunakan teknologi elektromagnetik yang ada pada kereta peluru.

Dan kejutannya, lift ruang angkasa tidak lama lagi mungkin bisa diciptakan. Selain NASA, LiftPort juga telah berupaya mengumpulkan talenta dan pendukung demi melakukan riset dalam kampanye di Kickstarter. Sebagai tahap awalnya, mereka menciptakan robot yang mampu mendaki sejauh 2 kilometer secara vertikal.

Nah itulah artikel mengenai 5 Konsep Teknologi Transportasi Masa Depan Yang Akan Segera Hadir. share artikel ini ya kawan agar dapat bermanfaat bagi orang lain.

Baca Artikel Lainnya :

Reaksi kamu setelah baca artikel ini?