Ciri-Ciri Smartphone Android Terjangkit Virus Malware

Oto Teknologi - Pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone android menjadi perhatian bagi para hacker. maka jangan heran jika malware dan virus mulai menyerang perangkat android sebagai salah satu sasaran utama.

Menurut hasil survei perusahaan keamanan komputasi Trend Micro, pada tahun 2013 lalu, 1 dari 10 perangkat Android ditengarai terinfeksi malware. Jumlah tersebut kini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan semakin canggihnya modus dan jenis malware yang tersebar. 

Malware sebenarnya begitu berbahaya karena dibuat untuk merusak performa dan juga mencuri data pribadi pengguna. Bahayanya lagi, kini banyak malware berjenis 'botnet' yang dapat dinavigasikan hacker penyebarnya dari jarak jauh.  

Berikut ini adalaha Ciri-ciri Smartphone Android Terjangkit Malware

Ciri-ciri Smartphone Android Terjangkit Virus Malware


1. Boros paket data internet

Malware umumnya muncul dari situs-situs palsu yang akan terus mengarahkan Anda ke laman situs-situs promo yang tidak jelas. Kondisi ini membuat paket data internet Anda cepat habis. Selain itu, sejumlah jenis malware juga akan secara otomatis menguasai email Anda untuk mengirimkan banyak pesan berisi malware lainnya ke daftar kontak Anda. Di beberapa kasus juga dikirimkan melalui SMS, yang artinya pulsa Anda juga akan cepat habis.

2. Performa menurun

Malware berjalan sebagai program ilegal di latar belakang perangkat Anda. Tidak terlihat memang, tetapi sebenarnya ponsel Anda terus bekerja meski Anda sedang tidak melakukan apapun. Hal ini menyebabkan performa perangkat melorot.

3. Baterai boros

Seiring dengan performa yang menurun, baterai juga akan menjadi boros karena perangkat Anda terus-menerus beroperasi tanpa disadari.

4. Panggian telepon sering terputus

Panggilan telepon keluar dan masuk akan terpengaruh jika perangkat Android Anda disusupi malware. Hal ini terjadi karena malware mampu mengganggu konektivitas jaringan seluler yang Anda gunakan.

Nah itulah artikel mengenai Ciri-Ciri Smartphone Android Terjangkit Virus Malware. Jangan Lupa Share Artikel ini ya.

Baca Artikel Terkait Lainnya :